Jumat, 05 Oktober 2018

Inilah Cara Mengisi Kehadiran PTK secara Manual di DHGTK V.2

DULURSONGO.COM | Daftar Hadir Guru Dan Tenaga Kependidikan (DHGTK) V.2 yang merupakan DHGTK versi baru menggantikan DHGTK versi lama telah resmi dirilis dan digunakan sebagai salah satu prasarat dalam penerbitan Surat Keputusan Tunjangan Profesi (SKTP) yang menjadi dasar dicairkannya Tunjangan Profesi Guru (TPG)

Pada dasarnya fungsi DHGTK versi lama dan versi baru tidak ada bedanya, hanya dari segi tampilan menu ada perbedaan cukup signifikan. Ada juga penambahan beberapa fasilitas dan perbaikan dari DHGTK Versi lama. Salah satunya yang cukup berbeda adalah, DHGTK versi baru suport terhadap absensi finger print. Jadi bagi sekolah yang sudah menggunakan absensi finger print, tidak perlu mengisi kehadiran secara manual di DHGTK online. Cukup sinkron dari software absensi finger print maka data kehadiran akan masuk ke DHGTK.

Untuk sekolahyang belum menggunakan absen finger print, maka kehadiran harus diisi setiap hari. Kali ini admin akan menjelaskan cara pengisian kehadiran di DHGTK online versi baru serta cara print out SPTJM absen online. Lebih jelasnya silahkan baca ulasan di bawah ini;
  1. Masuk ke alamat http://hadir.gtk.kemdikbud.go.id/v.2/  . Isi NPSN sekolah serta user id dan password yang biasa digunakan di dapodik. Masukan juga kode yang tertulis dengan benar. Selanjutnya klik sign in. 
Inilah Cara Mengisi Kehadiran PTK Secara Manual di DHGTK V.2   

2. Inilah tampilan sebagian halaman awal DHGTK versi terbaru. 

Inilah Cara Mengisi Kehadiran PTK Secara Manual di DHGTK V.2

3. Klik menu kelengkapan sekolah. Di sana ada beberapa sub menu seperti : Izin pegawai, yang fungsinya untuk memasukan surat ijin bagi pegawai yang tidak hadir karena sakit atau ada alasan lain. Di sub menu kelengkapan sekolah ada pilihan waktu penyelenggaraan sekolah ( 5 atau 6 hari), hari libur, jam kerja dan jam istirahat. 

Inilah Cara Mengisi Kehadiran PTK Secara Manual di DHGTK V.2

4. Untuk mengisi data kehadiran, pilih sub menu entri kehadiran. Selanjutnya pilih bulan yang akan diisi kehadirannya kemudian pilih tanggal dan klik tanda di sebelah kanan nama PTK hingga berubah menjadi warna biru. 

Inilah Cara Mengisi Kehadiran PTK Secara Manual di DHGTK V.2

5. Selanjutnya lihat laporan kehadiran di menu laporan. Di sana rekap laporan bisa dilihat perbulan. Setelah rekap laporan benar langkah selanjutnya adalah print SPTJM.

Inilah Cara Mengisi Kehadiran PTK Secara Manual di DHGTK V.2

6.Untuk print out SPTJM, klik menu kelengkapan sekolah, pilih SPTJM. Isi dulu pejabat SPTJM secara lengkap. Yang dimaksud pejabat disini adalah kepala sekolah. 

Inilah Cara Mengisi Kehadiran PTK Secara Manual di DHGTK V.2

7. Jika sudah diisi dan rekap kehadirannya sudah benar, klik menu download PDF di sebelah kiri laman situs. Jika terhubung printer bisa langsung di print, jika tidak download saja dulu, nanti di print kemudian.
8. Demikianlah cara pengisian DHGTK versi baru. Namun sepertiya versi baru ini masih banyak sekali bug atau kelemahan karena mungkin masih dalam tahap ujicoba.

dulursongo.com | 05 Oktober 2018 
Previous Post
Next Post

0 komentar:

Silahkan di Like Dulu ya kawan..!!!

×