Sabtu, 06 Oktober 2018

Contoh 100 Soal Tes Seleksi Kompetensi Dasar CPNS

Contoh Soal Tes Seleksi Kompetensi Dasar CPNS

Contoh soal-soal tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS.

DULURSONGO.COM | Pemerintah membuka 238.015 formasi pada penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2018 ini. Jumlah itu terdiri atas 51.271 formasi untuk instansi Pemerintah Pusat (76 K/L) dan 186.744 formasi untuk instansi Pemerintah Daerah (525 Pemda). Formasi CPNS tahun 2018 didominasi tenaga pendidik atau guru, khususnya guru kelas SD.

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) telah memberikan kisi-kisi materi apa saja yang terdapat dalam soal tes ujian CPNS. Jadi rahasia lolos CPNS 2018 ini sebenarnya bisa dipelajari, dan bukan hal yang mustahil Anda bisa mengerjakan soal tes CPNS dengan lancar hingga bisa lolos CPNS tahun 2018.

Dalam rekrutmen CPNS 2018 ini, untuk menjadi CPNS peserta mengikuti 2 tahapan seleksi. Pertama, peserta mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) yang harus mengerjakan 100 soal yang terdiri dari soal Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) 35 soal, Tes Intelegensia Umum (TIU) 30 soal, dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP) 35 soal. 

Untuk mengikuti seleksi lanjutan peserta harus malampaui nilai ambang batas atau passing grade tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS 2018. Berikut ini merupakan daftar materi yang harus dikuasai agar lolos Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS 2018 sebagaimana dikutip SekolahDasar.Net dari laman resmi Kemenpan RB:

1. Tes Wawasan Kebangsaan (TWK)

Materi ini digunakan untuk menilai penguasaan pengetahuan dan kemampuan mengimplementasikan nasionalisme, integritas, bela negara, pilar negara, bahasa Indonesia, Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika, dan NKRI.

NKRI ini mencakup sistem tata negara Indonesia, sejarah perjuangan bangsa, peran bangsa Indonesia dalam tatanan regional maupun global, serta kemampuan berbahasa Indonesia secara baik dan benar.

Contoh Soal Tes Wawasan Kebangsaan (TWK)

1. Undang‐undang pemerintah daerah yang pertama berlaku di Indonesia setelah zaman kemerdekaan yang dikeluarkan pada tanggal 23 Nopember 1945 adalah:
A. UU No. 1 tahun 1945
B. UU No. 2 tahun 1945
C. UU No. 3 tahun 1945
D. UU No. 4 tahun 1945
E. UU No. 5 tahun 1945 

2. Agama dapat dilihat sebagai salah satu sumber nilai yang ada dalam masyarakat, seperti yang dapat kita lihat dalam studi Max Weber mengenai sekte Calvinisme, yang berarti bahwa:
A. Agama satu‐satunya sumber nilai yang dipedomani masyarakat 
B. Agama adalah sesuatu yang pantas dan berharga
C. Agama dapat mempengaruhi perilaku orang
D. Manusia berhasrat menguasai alam
E. Tanpa agama, gambaran tentang apa yang diinginkan tidak mungkin ada 

4. Istilah Pancasila pertama kali dikemukakan oleh: 
A. Mr. Muhammad Yamin pada tanggal 29 Mei 1945 dalam sidang BPUPKI 
B. Mr. Muhammad Yamin pada tanggal 01 Juni 1945 dalam sidang BPUPKI
C. Ir. Soekarno pada tanggal 29 Mei 1945 dalam sidang BPUPKI
D. Ir. Soekarno pada tanggal 01 Juni 1945 dalam sidang BPUPKI
E. Ir. Soekarno pada tanggal 01 Juni 1945 dalam sidang PPKI 

2. Tes Intelegensia Umum (TIU)

TIU dimaksudkan untuk menilai intelegensia peserta seleksi. Pertama, kemampuan verbal atau kemampuan menyampaikan informasi secara lisan maupun tulisan. Selain itu, kemampuan numerik, atau kemampuan melakukan operasi perhitungan angka dan melihat hubungan diantara angka-angka.

TIU juga untuk menilai kemampuan figural, yakni kemampuan yang berhubungan dengan kegesitan mental seseorang dalam menganalisa gambar, simbol, dan diagram. Selain itu juga kemampuan berpikir logis, atau penalaran secara runtut dan sistematis, serta kemampuan berpikir analisis, atau kemampuan mengurai suatu permasalahan secara sistematik.

Contoh Soal Tes Intelejensia Umum (TIU)

41. CATATAN : NOTASI = PERINGKAT : ………
A. Pangkat
B. Level
C. Peringkat 
D. Peningkatan
E. Urutan 

47. ……, ……, 20, 12, 24, 16, 28, 24 
A. 8 dan 16 
B. 20 dan 28 
C. 32 dan 24 
D. 9 dan 3 
E. 18 dan 10 

54. Semua penyelam adalah perenang, sementara penyelam adalah pelaut,
A. Sementara pelaut adalah perenang
B. Sementara perenang bukan penyelam
C. Semua pelaut adalah perenang
D. Sementara penyelam bukan pelaut
E. Sementara penyelam bukan perenang

3. Tes Karakteristik Pribadi (TKP)

Soal-soal dalam kelompok soal ini mencakup hal-hal terkait dengan pelayanan publik, sosial budaya, teknologi informasi dan komunikasi, profesionalisme, jejaring kerja, integritas diri, semangat berprestasi.

Selain itu, kreativitas dan inovasi, orientasi pada pelayanan, orang lain, kemampuan beradaptasi, kemampuan mengendalikan diri, bekerja mandiri dan tuntas. Juga kemauan dan kemampuan belajar berkelanjutan, bekerjasama dalam kelompok, serta kemampuan menggerakkan dan mengkoordinir orang lain.

Contoh Soal Tes Karakteristik Pribadi (TKP)

70. Terjadi pergantian pimpinan di unit kerja saya. Sikap saya adalah … 
A. Tidak peduli
B. Berusaha mengenal dan memahami visi dan misi pimpinan baru
C. Tidak berusaha mendekati pimpinan baru karena takut dicap penjilat
D. Berusaha mengenal pribadi pimpinan baru
E. Pergantian pimpinan itu sesuatu yang biasa 

80. Kerja keras dan cermat merupakan wujud upaya untuk menjadi pribadi yang bermanfaat bagi organisasi. Berkaitan dengan hal tersebut, saya senang …
A. Bekerja dengan standar hasil yang tinggi
B. Pekerjaan yang menumbuhkan kreativitas baru
C. Pekerjaan yang rutin
D. Pekerjaan yang menantang
E. Bekerja tanpa mengenal lelah dan pamrih 

98. Saya ingin rekan‐rekan kerja saya melihat kualitas diri saya yang terbaik sebagai seorang yang … 
A. Inovatif dan kreatif
B. Disiplin dan penurut
C. Mampu beradaptasi dan ramah
D. Dapat memutuskan sendiri dan realistis 
E. Percaya diri dan mandiri

Sebaiknya persiapkan diri sebaik-baiknya untuk mempersiapkan tes pertama yang akan dijalani para peserta CPNS yaitu Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dengan sistem CAT (Computer Assisted Test). Untuk persiapkan diri menghadapi kompetisi ketat dalam penerimaan CPNS 2018 ini, Anda bisa mempelajari dokumen-dokumen kumpulan soal tes CPNS di tahun-tahun sebelumnya.

Di internet banyak materi dan soal tes CPNS berikut pembahasan dan kunci jawabannya. SekolahDasar.Net akan berbagi soal tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) yang terdiri dari dari tiga bagian, yakni Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Inteligensi Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP). Soal-soal Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dapat didownload melalui link berikut:


Sedikit berbagi tips, dalam menjawab soal CPNS peserta harus berpacu dengan waktu. Dalam 90 menit, peserta CPNS harus bisa menjawab sebanyak 100 soal. Kerjakan atau jawab soal yang paling mudah dan jangan terpaku pada soal sulit karena akan menghabiskan waktu. Berdoalah semoga diberikan kelancaran dan ketenangan selama mengerjakan soal-soal tes CPNS 2018.

dulursongo.com | 5 Oktober 2018 
Previous Post
Next Post

0 komentar:

Silahkan di Like Dulu ya kawan..!!!

×