Rabu, 07 Maret 2018

Psikologi Perkembangan Anak Modul 1 KB 1 UT PGPAUD

dulursongo.com | Selamat datang sobat di web site kami dulursongo.com kesempatan kali ini kami akan menulis ringkasan modul pada pembelajaran guru Paud khususnya, tulisan ini dapat menunjang kegiatan kuliah anda yang masih berada di bangku kuliah jurusan PGPAUD Fakultas Pendidikan di Universitas Terbuka. Langsung pada poinnya inilah bentuk ringkasannya untuk Mata Kuliah Psikologi Perkembangan Anak pada usia dini :   


RINGKASAN MODUL 1 KB 1

PRINSIP-PRINSIP PERKEMBANGAN

      A. BATASAN PERKEMBANGAN 
  • Secara umum perkembangan merupakan pola perubahan yang dimulai pada saat konsepsi (pembuahan) dan berlanjut di sepanjang rentang kehidupan.
  • Perkembangan merupakan studi ilmiah tentang pola-pola perubahan dan stabilitas di sepanjang rentang kehidupan manusia (Papalia Olds dan Feldman, 2009).  
  • Sifat perkembangan
  1. Sistematis (bersifat berkeseinambungan dan terorganisir, Papalia dkk, 2009), contohnya perkembangan bicara pada anak
  2. Adaptif (untuk menghadapi kondisi-kondisi dalam kehidupan, Papalia dkk, 2009), contohnya mengapa   bayi kemudian  bisa berjalan? Hal yang mendukung proses mobilitasnya sejalan bertambah usianya..
B. TUJUAN MEMPELAJARI PERKEMBANGAN MANUSIA 
  •  Ada empat tujuan, yaitu
  1. untuk memberikan gambaran perkembangan anak  pada rentang usianya, anak bsa berjalan
  2. untuk memberikan penjelasan perkembangan kemampuan anak, misalnya anak mampu berbicara
  3. untuk memberikan peramalan (memprediksi masalah yang dihadapi anak terhadap akademiknya).
  4. untuk memberikan intervensi pada anak, misalnya menganjurkan untuk mengikuti terapi wicara serta pemeriksaan lebih lanjut ke psikolog.
          C.     ASPEK-ASPEK PERKEMBANGAN
  1. Menurut Dodge, Colker, dan Heroman (2002), ada 4 aspek, yaitu: aspek sosial-emosional, aspek fisik, aspek kognitif, dan aspek bahasa.
  2. Menurut Papalia dkk 2009, aspek perkembangan terdiri dari aspek fisik, kognitif, dan psikososial.
  3.  Dalam mata kuliah ini, aspek perkembangan dibagi menjadi lima kelompok, yaitu fisik-motorik, kognitif, sosial-emosional, bahasa, serta moral agama. 
         D.    PERIODE RENTANG KEHIDUPAN                
                Pembagian rentang kehidupan dibuat oleh suatu budaya atau masyarakat tertentu
  1. Periode Pranatal: dari konsepsi hingga lahir (kurang lebih 9 bulan dalam kandungan).
  2. Periode bayi dan toddler: dari lahir hingga usia 18-24 bulan.  Periode bayi  adalah masa ketika seseorang tergantung secara ekstrim pada orang dewasa untuk pemenuhan kebutuhan dasarnya (1 tahun pertama kehidupan). Toddler (anak mulai mengembangkan otonomi sejalan kemampuan untuk berbicara dan melakukan mobilitas).  
  3. Periode kanak-kanak awal: berlangsung sekitar usia 2 hingga 6 bulan (periode pra sekolah).
  4. Periode usia sekolah: berlangsung sekitar usia 6 hingga 11 tahun. Pada periode ini meningkatnyakemampuan atletik,partisipasi dalam permainan, proses berpikir logis, penguasaan keterampilan dasar calistung, serta kemajuan dalam pemahaman diri, moralitas dan hubungan persahabatan.
  5. Periode remaja: berlangsung sekitar usia 11-18 tahun. Periode ini mengawali transisi ke masa dewasa.  Pubertas (perubahan fisik) berlangsung pesat.  Sekolah mengarah pada persiapan pendidikan di bangku kuliah atau dunia kerja. Tugas perkembangan masa ini  adalah  pencapaian identitas.
           E.     PRINSIP-PRINSIP PERKEMBANGAN 
  1. Development is lifelong (proses perubahan sepanjang hidup). Setiap periode dari rentang kehidupan dipengaruhi oleh apa yang terjadi pada periode sebelumnya dan apa yang terjadi saat ini akan mempengaruhi pula yang akan terjadi kemudian. Misalnya orang tua responsive dan sensitive akan dapat mengembangkan rasa percaya diri pada anak untuk bersosialisasi dengan baik.  
  2. Development is multidimensional  (perkembangan dalam banyak dimensi, yaitu dimensi biologis, psikologis, dan sosial). Contoh anak yang berusia 4 tahun sangat cerdas belum tentu memiliki kematangan emosi yang seimbang dengan tingkat kecerdasannya.
  3. Development is multidirectional (berlangsung lebih dari satu arah). Misalnya seorang remaja mempunyai kelemahan di bidang lari maka ia akan mengikuti latihan secara kontinyu agar menjadi juara.
  4. Relative influences of biology and culture shift over the life span (dipengaruhi oleh faktor biologis dan budaya  misalnya fisik bayi yang masih lemah sehingga menggugah hati orang tua untuk mengasuh bayi demi kelangsungan hidupnya. 
  5. Development Involves Changing Recource Allocations  (mengalokasikan sumber-sumber yang ada). Pertama digunakan untuk pertumbuhan, misalnya uang digunakan untuk belajar renang. Kedua digunakan untuk memelihara diri. msalnya anak belajar piano agar bakat musiknya tidak  hilang. Ketiga dipakai untuk menghadapi kehilangan atau penurunan ketika perbaikan tidak dapat dilakukan. 
  6. Development Shows Plasticity (kemampuan dapat ditingkatkan  melalui latihan). Misalnya anak yang mengalami kesulitan menulis maka diikutkan program remedial.
  7. Development is influenced by the historical and cultural context (dipengaruhi oleh konteks sejarah dan budaya)
dulursongo.com akan selalu mengupdate tulisan-tulisan yang berkaitan dengan pendidikan yang ada di dunia semua jenjang akan kami tuliskan melalui web kami. Terus ikuti perkembangan tulisan-tulisan kami yang berharga untuk anda semua. Buka setiap hari dulursongo.com  

Baca juga : 
dulursongo.com | 08 Maret 2018  
Previous Post
Next Post

0 komentar:

Silahkan di Like Dulu ya kawan..!!!

×