Senin, 12 Maret 2018

Cara Paling Mudah Memasang Engsel Jendela

Cara Paling Mudah Memasang Engsel Jendela

Dulursongo.com - Hai sobat dulursongo.. Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan tips tutorial tentang cara paling mudah memasang daun jendela pada rumah. Untuk pemasangan daun jendela itu sebenarnya lebih sulit dari pada pemasangan pintu. Meskipun jendelanya itu kecil tapi cukup memerlukan tenaga extra. Dan juga sebaliknya untuk pemasangan pintu itu lebih mudah dari pada memasang daun jendela.

Perbedaanya adalah pada pemasangan engselnya. Karena pemasangan engsel jendela itu berada pada bagian atas kusen, sehingga ketika akan memasang pada kusennya, nanti akan membutuhkan seseorang untuk membantu menopang daun jendelanya. Di pasang sendiri juga bisa, tapi memasangnya dengan cara kita membongkar engselnya.

Baca Juga : Cara Cepat Membuat Kusen Kayu

Baca Juga : Cara Mudah Membuat Pintu Triplek Tampak Keren

Untuk trik cara paling mudah memasang engsel jendela, itu sebaiknya di gunakan pada posisi jendela yang engselya berada di atas, atau yang biasa di sebut buka pada bagian bawah. Sementara untuk jendela yang posisinya buka menyamping itu tergolong ringan.


Cara Paling Mudah Memasang Engsel Jendela
pemasangan engsel pada daun jendela

Pada dasarnya cara yang paling mudah untuk pemasangan daun jendela itu adalah, ada pada cara menempatkan engselnya. Oke langsung saja, cara paling mudah memasang engsel jendela :

Berikut Cara Paling Mudah Memasang Engsel Jendela.

Langkah 1. Terapkan daun jendela pada kusen, dan serut bagian yang kurang pas, sampai menemukan jarak spasi yang rata antara kusen dan daun jendela. Untuk jarak spasi antara daun jendela dan kusen itu bagian kanan 3mm, dan kiri 3mm. atas dan bawah juga 3mm. Agar nantinya daun jendela bisa terbuka dengan lancar.

Langkah 2. Setelah daun jendela sudah terukur dengan pas, kemudian coret atau tandai tempat engselnya antara kusen dan jendela, caranya dengan daun jendela terpasang ke kusen. agar lebih pas.

Langkah 3. Pahatlah tempat engsel di bagian daun jendelanya saja. Sementara untuk penempatan engsel pada bagian kusen itu tidak perlu di pahat. Jadi intinya semua pemahatan tempat engsel itu di jadikan satu pada daun jendelanya saja.

Langkah 4. Untuk pemahatan tempat engsel gunakan mesin trimmer atau router dengan mata pisau berbentuk lup, agar lebih cepat juga lebih pressisi dan mudah.

Langkah 5. Penyekurupan engsel gunakan mesin bor, agar lebih mudah dan ringan. Jangan lupa sebelum memasangkan daun jendela ke kusen, selot beserta siku kanan dan kiri jendela,  itu juga sudah terpasang.

Langkah 6. Sebaiknya pemasangan jendela nanti kita harus di bantu teman / seseorang untuk menopang jendelanya, sementara kita yang menyekrup engselnya. karna pemasangan lebih mudah tanpa di bongkar dari pada engsel di bongkar.

langkah 7. Yang terakhir tinggal kita menyekrup pada bagian kedua siku-siku kanan dan kiri saja, dan yang terakhir melubangi kancing / selot. Gunakan mata bor sesuai ukuran selotnya.

Selesai.

Demikian tips cara paling mudah memasang engsel daun jendela. Semoga tips ini bisa berguna dan bermanfaat. Anda juga bisa kunjungi blog Seputar Mebel ini dan banyak juga tips-tipsnya tentang dunia mebel / pertukangan kayu di dalamnya. Dan tak lupa kami ucapkan banyak terima kasih sudah berkunjung di website Dolorsongo.com ini.


Previous Post
Next Post

0 komentar:

Silahkan di Like Dulu ya kawan..!!!

×