Selasa, 06 Maret 2018

Cara Cepat Membuat Kusen Kayu

Cara Cepat Membuat Kusen Kayu

DULURSONGO.COM  Cara Cepat Membuat Kusen Kayu . Bismillahirrohmanirrokhiim. Assalamualaikum warohmatullohi waarokaatuhh. Salam sejahtera selalu. Selamat datang di website kami www. dulursongo.com . Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan tips atau tutorial tentang cara cepat membuat kusen kayu. Dan pembuatan kusen itu sendiri pada jaman sekarang ini sangat banyak yang menggunakan yang di antaranya mulai dari kusen cor, kusen besi, kusen galfalum. Dan untuk cara cepat mebuat kusen, kali ini menggunakan dari bahan kayu.

Kusen atau gawang itu adalah salah satu bangunan yang berfungsi sebagai penempatan di letakkannnya sebuah daun pintu. Dan untuk penempatan sebuah daun pintu itu di butuhkan kusen atau gawang yang harus benar-benar siku dan pressisi. Karna penempatan sebuah daun pintu yang baik, itu juga tidak lepas dari pembuatan kusennya. Maka yang paling di utamakan dalam pembuatan kusen itu adalah harus benar-benar siku, agar nantinya pada saat pemasangan daun pintu atau cendela bisa menghasilkan pemasangan yang bagus dan rapi pastinya.

Sementara kusen dari kayu itu sebagian orang mungkin banyak yang berpendapat bahwa kusen kayu itu mudah keropos, gaprek, dan lain sebagainya. Memang ada beberapa kayu yang mudah keropos seperti mahoni, kruwing, meranti. Dan pada intinya bila pohon/kayu itu di potong dan mengeluarkan getah maka di pastikan kayu itu mudah keropos bila di gunakan sebuah benda. Misal almari, kusen, pintu, dan lain sebagainya. Dan untuk pembuatan kusen dari kayu yang agar bisa lebih awet atau tahan lama adalah dari kayu jati. Di mana kayunya yang mudah di dapat. Namun harganya cukup mahal tapi juga di lihat dari medelannya / besar kecilnya log kayu.


Cara Cepat Membuat Kusen Kayu
www.dulursongo.com


Memang ada beberapa bangunan yang lebih baik menggunakan kusen beton atau kusen cor. Misalnya seperti bangunan pada bagian yang mudah sekali terkena air hujan atau panas karna sinar matahari langsung. Dan jika demikian sebaiknya menggunakan kusen dari cor atau galfalum. Agar lebih awet dan tahan lama. Namun pada dasarnya kusen itu menurut saya lebih indah futuristik dan berkarakter yang terbuat dari kayu. Karna indah di pandang mata juga banyak pilihan dalam segala segi finisingnya. Bisa menggunakan Cat, politur, duko, dan yang masih menjadi pilihan tak lain adalah melamine sending.

Artikel dalam tuturial cara cepat membuat kusan kayu ini, sengaja saya lebih ke To The point. agar Anda tidak merasa bingung atau bahkan mungkin malas membacanya, karna biasanya para pembaca itu mengambil pada poin-poinnya saja. Untuk itu di sini saya akan memberikan tutorial yang sesuai dengan keinginan Anda. Tanpa banyak basa-basi. Langsung saja.

Berikut Cara Cepat Membuat Kusen Kayu :

1. Pastikan mesin pasah kita dalam keadaan normal, seperti pisaunya harus yang tajam, juga pemasangan pisaunya harus anteng ( tidak goyah ) agar mudah di gunakan.

2. Untuk memotong bagian pangkal-pangkal kayu gunakan mesin serkel.

3. Bila menggarisi gunakan polfoin agar lebih titis rapi tidak "njlebret"

4. Untuk pemrostekan gunakan mesin serkel agar lebih mudah dan cepat, Tips Memprostek Dengan Mesin serkel.

5. Kita tidak menggunakan gergaji manual sama sekali. Cukup menggunakan mesin serkel dalam hal pemotongan.

6. Untuk jarak garis atau kedalaman profil gunakan 9mm. Atau tidak ingin ribet dalam pengukuran bisa menggunakan dengan jarak 1cm. Agar lebih mudah melihat angka mili meteran.

7. Gunakan perkakas yang serba tajam, dari mulai seperti pahat manual, pisau gergaji, pisau profil dan lain sebagianya. Bila perkakas dalam kondisi tumpul segeralah di asah.

8. Bila akan menyetel atau memaku, maka kayu harus di BOR dahulu sesuai dengan ukuran paku, agar kayu mudah di paku. dan tidak mudah retak.

9. Sebelum menyetel kusen sebaiknya kayu di amplas dahulu dengan gerinda. Agar nantinya kita tidak repot-repot lagi mengamplasnya.

Untuk lebih jelas bisa melihat video di bawah ini :





Demikian tips tutorial cara cepat membuat kusen kayu. Semoga tips kali ini bisa berguna dan bermanfaat. Untuk itu pantau terus perkembangan blog ini karna masih banyak sekali nantinnya tips dan trik tentang Seputar Mebel lainnya. Salam Sukses Selalu. Amin.. Terima kasih.


Previous Post
Next Post

0 komentar:

Silahkan di Like Dulu ya kawan..!!!

×